Indonesia Beli Jet Tempur Rusia, Amerika Cemas

Sukhoi su-35
Jakarta - Indonesia tahun depan berencana membeli jet tempur terbaru dan canggih sudah beberapa pilihan salah satunya Amerika, Upaya perusahaan penerbangan asal Amerika Serikat (AS), Lockheed Martin jauh-jauh datang ke tanah air untuk merayu pemerintah Indonesia membeli varian terbaru F-16 sirna sudah. Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) menyatakan menolak dan tetap melanjutkan rencana pembelian Sukhoi Su-35 dari Rusia.

Hal tersebut membuat perusahaan pesawat amerika cemas, padahal sudah jau-jauh ke Jakarta dan menawarkan harga yang relevan demi meloby indonesia. Namun tanpa hasil yang memuaskan.

 Sikap Indonesia itu menarik perhatian media-media di Rusia. Mereka sampai mengulas alasan Indonesia yang memilih merapat ke Blok Timur dari pada kembali ke pelukan AS dan sekutunya. Terpilihnya Su-35 sebagai armada pengganti F-5 Tiger II ini langsung menjadi pusat perhatian. Bahkan, Rusia sampai menganalisa sejumlah alasan yang membuat TNI AU memilih merapat ke Rusia dibandingkan kembali melirik jet tempur buatan AS.

Menurut pengamat hubungan internasional Martin Sielf " komponen yang dimiliki Su-35 juga bisa digunakan varian sebelumnya, yakni Su-27 dan Su-30 yang sudah dimiliki Indonesia sebelumnya. Apalagi secara performa, pesawat tersebut dapat bersaing ketat dengan F-22A Raptor buatan AS.

"Dengan kemampuan itu, ditambah kebijakan Rusia untuk menghindari kondisi politik yang mempengaruhi penjualan senjata, membuat Indonesia berpaling ke Rusia sebagai menyuplai senjata."

Kehadiran Su-35 ke Indonesia ini bisa mengubah peta kekuatan di kawasan Asia pasifik. Bahkan, diyakini mampu menandingi para penerbang F-18 Hornets Australia ketika berhadapan di udara.

Beberapa negara juga menawarkan seperti Swiss, Inggris, Perancis namun TNI AU sudah mantab membeli pesawat Sukhoi su-35 tersebut.

1 Response to "Indonesia Beli Jet Tempur Rusia, Amerika Cemas"

  1. hadehh seharusnya indonesia bisa memanfaatkan barang2 rusia untuk dikembangkan sendiri, dan kalau bisa bekerjasama dengan kedua negara, ambil ilmu dari kedua negara untuk dikembangkan sendiri dan hasilnya bisa mengalahkan kedua negara tersebut ,,itu lah indonesia hebat ^_^

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel