5 Negara Perkasa dan Mulai Bangit Bekas Blok Timur (Asia)

negara blok barat vs blok timur
Bekas Blok Barat-Blok Timur
Semenjak perang dingin antara blok barat dengan blok timur usai, namun sisa-sisa tersebut masih tersisa hingga kini. beberapa negara sudah ada yang merdeka secara mandiri ada pula dengan 'bantuan' agar masih menjadi kaki tangan blok tertentu.
Kebangkitan kembali blok timur  akhir-akhir ini mulai terasa secara perlahan, negara yang awal nya dicap tertutup sekarang bisa lebih terbuka dengan peradaban yang maju.

Berikut beberapa negara bekas blok timur yang bangkit kembali
1. Rusia
Rusia
Negara bekas Uni Sovyet ini mulai tunjukan kembali taringnya semenjak dipimpin Presiden Putin, negara yang juga termasuk terluas di dunia ini memiliki julukan beruang merah. pasca terkena sangsi dari PBB tapi negara ini tetap mampu berjaya secara ekonomi. pasca ikut masuk dalam oknflik di timur tengah negara ini mulai tunjukkan taringnya.

2. China (Tiongkok)
China
Dahulu negara ini dikenal tertutup oleh asing, namun semenjak di reformasi china berubah jadi lebih pesat hingga kini. secara mandiri negara ini mampu maju lebih cepat dibidang ekonomi maupun militer. Uniknya China juga dikenal sebagai negara super copy karena berbagai peralatan elektronik dunia juga 'ditiru' oleh perusahaan di china. Semenjak klaim wilayah laut china selatan negara ini mulai ikut memanasi wilayah asia tenggara.

3. Jepang
Jepang
Sebagai negara maju di bidang ekonomi,Jepang memiliki produk domestik bruto terbesar nomor dua setelah Amerika Serikat, dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja.Jepang adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G8, OECD, dan APEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan moderen seperti AEGIS serta skuat armada besar kapal perusak. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia. Sebagai negara maju, penduduk Jepang memiliki standar hidup yang tinggi (peringkat ke-8 dalam Indeks Pembangunan Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB. Dalam bidang teknologi, Jepang adalah negara maju di bidang telekomunikasi, permesinan, dan robotika.

4. Iran
Republik Islam Iran
 Pasca di embargo oleh Amerika selama 30 tahun, Iran melakukan perubahan besar yang disebut Revolusi. Revolusi ini membawa Iran semakin berkembang hingga maju makin pesat. di berbagai bidang seperti Ilmu pendidikan, teknologi, Keagamaan, kedokteran hingga militer. Tapi negara ini kembali mengalami cobaan pasca terkena sanksi oleh PBB karena perkembangan nuklirnya.

Namun di pertengahan januari 2016 lalu PBB telah mencabut sangsi tersebut dengan syarat Iran tidak kembangkan senjata Nuklir, pasca dicabutnya sangsi itu Iran mulai belanja militer besar-besaran dan akan memperkuat kerjasama bilateral dengan negara-negara di Asia lainnya.

5. Korea Utara
Korea Utara
Negara yang juga terkena embargo dari Amerika dan PBB ini, membuat negara ini tertutup dari dunia luar. Korea Utara yang kini dipimpi Kim Jong Un beberapa kali menunjukan kekuatan militernya. Negara yang sering bersitegang dengan serumpunnya sendiri yaitu Korea Selatan karena kedekatan Korsel dengan Amerika.
Hal yang mengejutkan pada awal 2016 Militer Korea lakukan uji coba bom hidrogen untuk kado ulang tahun sang Presidennya. Hal membuat berbagai negara dunia gempar, pasalnya bom tersebut mampu mengakibatkan gempa 5,1 skala richter.

Baca Juga: Indonesia Beli Jet Tempur Rusia, Amerika Cemas

0 Response to "5 Negara Perkasa dan Mulai Bangit Bekas Blok Timur (Asia)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel