6 Fakta Menarik Planet Kesembilan Baru

6 Fakta Menarik Planet Kesembilan
Planet Nine (Sumber Caltech)
 Organisasi riset Caltech baru-baru ini mengumumkan bahwa dua orang penelitinya, yaitu Konstantin Batygin dan Mike Brown, baru saja menemukan sebuah planet baru yang berada di tepi luar sistem tata surya. Planet baru yang ditemukan keduanya diklaim sebagai planet kesembilan yang sebenarnya, mengingat Pluto sudah tak lagi diklasifikasikan sebagai planet.

Planet kesembilan tersebut memiliki ukuran yang sangat besar, hingga 10 kali lebih besar dari Bumi. Selain itu, lokasinya juga sangat jauh dari matahari. Ilmuwan memperkirakan, jaraknya sebanding dengan 20 kali jarak Matahari ke planet Neptunus yang berjarak sekitar 4,5 miliar kilometer. Saking jauhnya, planet kesembilan ini memerlukan waktu 10 ribu hingga 20 ribu tahun untuk sekali mengitari Matahari di orbitnya.

Namu pasca penemuan Planet Kesembilan ini ditemukan beberapa fakta menarik :

1. Planet Terjauh
Planet Nine diklaim sebagai planet terjauh atau 20 kali lipat lebih jauh dibandingkan Neptunus. Memerlukan waktu sekira 10 ribu hingga 20 ribu tahun untuk mencapai satu orbit penuh mengelilingi matahari.
2. Keberadaannya Diprediksi pada Model Matematika
Peneliti Konstantin Batygin dan Mike Brown tidak benar-benar melihat planet Nine. Namun, penelitian lainnya membantu mereka untuk menyimpulkan bahwa planet tersebut benar-benar ada melalui orbitnya.
3. Memberi Wawasan Tentang Sistem Tata Surya Untuk pertama kali selama 150 tahun, ilmuwan memiliki bukti kuat bahwa ada lebih banyak planet di sistem tata surya. Ini dapat mengubah pemahaman mengenai bagaimana sistem matahari terbentuk.
4. Planet dengan Ukuran Raksasa
Planet Nine diklaim sangat besar, di mana gravitasinya lebih mendominasi dibandingkan planet lainnya. Planet Nine memiliki ukuran 10 kali lipat lebih besar ketimbang Bumi.
 5. Nine Planet Lama yang baru Saja ditemukan
Peneliti percaya bahwa sistem tata surya awal dimulai dengan empat inti planet yang mengambil gas di sekitarnya. Planet ini antara lain, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Planet Nine mungkin dekat dengan Jupiter atau Saturnus, lalu planet itu terlempar ke orbit yang lebih jauh.
6. 'Pembunuh' Planet Pluto
Mike Brown merupakan salah satu ilmuwan yang menemukan Planet Nine. Ia juga sebagai ilmuwan yang menghilangkan status Pluto dari planet kesembilan dan menyebut Pluto sebagai 'dwarf planet'.

Baca Juga: Mars Akan ditanami Kentang

0 Response to "6 Fakta Menarik Planet Kesembilan Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel