Indonesia Negara Pertama ASEAN yang Akan Kembangkan Jet Tempur

Jet Tempur
Mengejutkan, Pemerintah Indonesia kini sedang menjalin kerjasama dengan Korea Selatan untuk mengembangkan pesawat tempur‎ (fighter) dengan teknologi generasi 4.5. Indonesia diwakili oleh PT Dirgantara Indonesia (Persero) dalam pengembangannya. Adapun Korea Selatan mengajak Korea Aerospace Industries (KAI).

Wilayah udara RI kini menjadi prioritas nomor satu, setelah Laut dan Darat karena musuh bisa datang kapan saja melalui serangan udara.

Korsel digandeng karena bersedia memberikan penguasaan teknologi sampai 100%. Indonesia juga dilibatkan dari awal pengembangan hingga produksi. Dari total proyek yang senilai US$ 8 miliar atau Rp 111,52 triliun (US$ 1 = Rp 13.940), Indonesia berkontribusi 20% dan sisanya yakni 80% ditanggung oleh Korsel. Selain itu, Korsel memiliki pengalaman mengembangan jet tempur T-50 Golden Eagle yang merupakan kerjasama antara KAI dan Lockheed Martin, Amerika Serikat.

Indonesia Menjadi Negara Pertama yang kembangkan Jet Tempur di ASEAN, bahkan di dunia maupun Asia hanya beberapa negara yang mengembangkan mandiri jet tempur nya.

Dalam kesepakatan itu, PT DI dan KAI akan memproduksi 200 unit jet tempur, di mana 150 unit akan menjadi hak milik pemerintah Korea Selatan dan 50 unit akan menjadi hak pemerintah Indonesia. Hal ini karena porsi Indonesia dalam pengembangan jet tempur ini hanya 20 persen.

Jet tempur tersebut nantinya akan memiliki tipe semi siluman (stealth) yang ke depannya mampu dikembangkan ke tipe stealth atau jet tempur generasi 5. Di dunia, saat ini baru Amerika Serikat (AS) yang mampu memproduksi jet tempur generasi 5, yaitu jet tempur siluman F-22 dan F-35.

1 Response to "Indonesia Negara Pertama ASEAN yang Akan Kembangkan Jet Tempur"

  1. Wih kerenn ... semoga ajah bener indonesia punya jet tempur siluman

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel