Konsol SNES ini Hidup selama 20 tahun dan Masih berfungsi

Super NES
Mungkin yang dilakukan pria asal Jepang ini bisa dibilang gamer sejati, pasalnya hal aneh  bahwa konsol game nintento SNES miliknya dibiarkan menyala selama 20 tahun.

Karena alasan yang sepele, ia tak ingin data game yang ia mainkan hilang dengan tetap menyalakan konsol game miliknya itu.

Diketahui bahwa perangkat SNES yang populer tahun 90-an ini tidak memiliki fitur menyimpan data game atau saving, Data sementara akan hilang ketika baterai katrid mati.

Pria bernama Wanikun itu memutuskan untuk tidak akan pernah mematikan konsolnya hingga saat ini yaitu sekitar 180.000 jam atau lebih tepatnya 20 tahun, 6 bulan, 2 minggu, 4 hari. Melalui akun twitternya.

Ia tidak ingin game berjudul Umihara Kawase yang sudah dimainkan selama ini hilang begitu saja. Umihara Kawase sendiri merupakan game yang hanya rilis di Jepang pada Desember 1994. Game ini mengisahkan tentang seorang anak sekolah berumur 19 tahun yang tersesat dalam dunia penuh monster-monster mutan  Wanikun sempat mematikan konsolnya sekali saat akan pindah rumah, yang mana untungnya baterai dalam katrid dapat bertahan cukup lama sehingga data game tidak hilang.

Katrid game pada konsol SNES sendiri menggunakan Static RAM (SRAM) yang ditenagai dengan baterai lithium-ion. Jadi, walau konsol dimatikan atau katrid game dicopot dari konsol, data game terakhir tetap tersimpan utuh yang tentunya akan mengurangi daya baterai perlahan.

Untuk mengatasi hal ini, biasanya developer menyediakan fitur kode pada tiap akhir pertandingan dalam game. Jika tidak ada, maka pemain terpaksa menamatkan game dalam satu hari atau bisa juga dengan pause game pada posisi konsol tetap menyala.

0 Response to "Konsol SNES ini Hidup selama 20 tahun dan Masih berfungsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel