Tawan, Iron Man Asal Bali Ternyata Bukan Hoax

Tawan Iron Man Asal Bali
Iron Man asal Bali (BBC)
Beberapa hari terakhir heboh tangan robot yang dimiliki Tawan pria asal Bali yang bekerja sebagai tukang las. keaslian tangan robot tersebut bisa digerakkan oleh perintah otak, mendapat respon yang beragam dari masyarakat ada yang percaya namun ada juga yang tidak bahkan menuduh hoax.

Berawal dari tangan kiri nya lumpuh ketika ia bangun tidur, dia kaget merasa kehilangan tangan dan sudah ergi ke dokter sampai orang pintar tak ada yang mengetahui penyakit penyebab tangannya tersebut. Lalu ia mulai merakit dari bahan-bahan rongsokan demi membantu nya bekerja sehari-hari.

Ajaibnya tangan robot rongsokan tersebut bisa digerakkan, Tawan mengakui bahwa sistemnya mungkin tidak secanggih electroencephalogram (EEG) yang sebelumnya dia klaim. Tapi bukan berarti alatnya adalah sebuah tipuan. “Prinsipnya seperti alat detektor kebohongan,” lantas Tawan menjelaskan. “Jadi saya ngarang-ngarang di kepala. Sehigga sinyal itu tertangkap alat. Itu saya manfaatkan dengan memberikan daya.”

Ketika ditanya terkait orang-orang yang menuduhnya berbohong, Tawan mengatakan tak mempermasalahkan. “Bagi yang tidak percaya kalau begini silahkan datang kemari. Nanti saya tunjukin cara kerjanya begini, begini. Sebenarnya sangat sederhana sekali, tidak begitu canggih.”

Gubernur Bali berkunjung pada jumat (22/01/2016) terkagum dengan alat yang diciptakan oleh Tawan, lalu I Made Mangku Pastika memberikan santunan sebesar 50 juta.

Selengkapnya simak video berikut :

0 Response to "Tawan, Iron Man Asal Bali Ternyata Bukan Hoax"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel