12 Cara Mengatasi Insomnia yang Mengganggu Tidurmu

cara mengatasi insomnia
insomnia foto: whywesuffer.com
Insomnia atau gangguan tidur adalah gejala dimana seseorang kesulitan untuk tidur dengan rileks atau sampai tidak bisa tidur. ini merupakan gejala serius apalagi tidur merupakan kebutuhan penting yang harus terpenuhi manusia.

Kesulitan untuk tidur biasanya dialami usia remaja tapi ada pula yang dewasa dan tua, beberapa faktor penyebabnya seperti stress, punya masalah, sering begadang, gangguan kesehatan dan faktor psikologis lainnya.

Inilah 12 Tips atau Cara Mengatasi Insomnia :

1. Tidur Sesuai Jadwal
Biasanya insomnia terjadi karena jadwal jam tidur yang tidak teratur, hal ini direspon oleh otak dan tubuh bahwa ketika kamu hendak tidur otak akan merespon bahwa tidur tidak sesuai jadwal seperti biasanya.

2. Usahakan Rileks dari Stress
Stress dialami oleh berbagai orang, penyebabnya oleh beberapa faktor seperti pekerjaan, masalah rumah tangga, masalah dengan teman, hingga masalah percintaan.

Maka dari itu sebaiknya hilangkan rasa stress tersebut dengan sesuatu yang menyenangkan seperti pergi ke cafe, mall, tempat wisata dan tempat yang kira-kira membuatmu hilang dari beban

3. Jauhkan Gadget atau Ponsel
Ponsel sekarang ini merupakan kebutuhan yang bisa membuat orang lupa diri, lupa makan bahkan lupa tidur, sebaiknya jika kamu mengalami Nomophiba (no mobile phone phobia) atau gejala tidak bisa jauh dari telepon seluler.

Jika sudah begitu cara mengatasinya sebaiknya kamu puas-puasin dulu bermain game dan membuka notifikasi media sosial kamu beberapa jam sebelum tidur agar membuat rasa penasaranmu hilang.

4. Konsumsi Makanan mengandung Potasium dan Magnesium
Makanan yang mengandung potasium dan magnesium seperti pisang dan kacang almond, dapat membuat mu rileks dan kandungan tripofan pada pisang bisa membuat tidurmu lebih nyenyak.

5. Mendengarkan musik sebelum tidur
Mendengarkan musik yang tenang akan membuatmu sediki rileks, namun jangan lagu melow (galau) dan musik rock ya..

Selain itu kamu bisa mengunduh aplikasi brainwave, yang merupakan aplikasi yang berisi musik terapi yang bisa membuat otak lebih tenang.

6. Lakukan olahraga kecil
Olahraga kecil akan membuatmu sedikit lelah, dengan rasa lelah tersebut tentu akan membuat tubuh mudah beristirahat. atau bisa juga dengan latihan meditasi pernafasan yang dapat membantu mengurangi segala permasalahan dan membuat pikiran jadi jernih.

7. Jangan makan berlebihan sebelum tidur
Makan sebelum tidur secara berlebihan akan membuat perut terasa tidak nyaman sehingga akan menganggu tidurmu, selain itu makan sebelum tidur juga tidak baik, sebaiknya makanlah beberapa jam sebelum tidur.

8. Jangan minum kopi
Meminum kopi memang menyegarkan disaat santai, tapi jangan lakukan ketika akan tidur, yang pasti akan membuatmu kesulitan untuk tidur karena kandungan kafein pada kopi menimbulkan efek jantung berdebar.

Minuman yang mengandung kafein lainnya adalah teh, minuman berenergi.

9. Olahraga teratur
Olahraga dengan teratur akan membuat dampak baik bagi tubuh, selain menyehatkan tubuh juga akan menormalkan kembali hal-hal yang kurang beres pada organ kamu.

10. Flu juga mengganggu tidur
Flu merupakan gejala penyakit musiman yang dapat mengganggu tidur, apalagi kepala pusing, pilek, mual akan membuat mu semakin gelisah. sebaiknya minumlah obat pereda gejala flu.

11. Ketawa
Sudahkah kamu ketawa hari ini? jika belum maka tertawalah karena dengan tertawa menurut oleh sejumlah penelitian dapat membuatmu lebih bahagia, selain itu dapat membuat stress hilang.

12. Temukan titik geli pada tubuh
Titik geli merupakan titik dimana bila disentuh bisa membuatmu merasa geli atau gatal, biasanya terdapat di telapak kaki, telapak tangan ketiak, leher. bila sudah ketemu silahkan kelitiki bagian tersebut agar membuat tubuh makin rileks.

Sekian itulah beberapa tips atau cara menghilangkan gejala insomnia yang menganggu tidurmu, dengan melakukan hal ringan tersebut semoga gejala insomnia mu bisa sembuh.

0 Response to "12 Cara Mengatasi Insomnia yang Mengganggu Tidurmu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel