8 Jenis Scream pada Musik Cadas

teknik vokal scream
Alex Koehler - (tumblr)
Dalam musik cadas biasanya dikenal dengan vokal scream yaitu vokal keras dengan teriakan, namun tak hanya sekedar teriak ternyata ada teknik dan macam nya loh sesuai jenis-jenis genre yang dimainkan oleh band.

Musik keras yang terdapat vokal scream seperti metal, hardcore, screamo dan sub genre lainnya. scream memiliki bererapa jenis diantaranya

1. Scream
Ini adalah dasar dari semua Scream yang ada untuk melakukannya cukup dengan langkah langkah seperti ini :
- mengeluarkan nafas dengan cara yang agak berat
- biasakan dengan kondisi seperti itu lalu cobalah sambil berteriak (tetapi gag usah banter banter, untuk awal awal kita hanya memerlukan sampai terdengar "teriakan" yang agag berat bila didengar).
Band yang memakai teknik ini saya kira karena teknik ini salah satu dasar dari teknik - teknik vocal scream jadinya cukup banyak. seperti : Alesana, Bless the fall, Alestrom, dll.
2. GROWL
Teknik yang satu ini lebih berat namun agak rendah, bedanya dengan scream biasa yaitu dari bentuk mulut. pada scream bentuk mulut terbuka lebar-lebar namun pada growl bentuk mulut berbentuk 'O' sehingga suara yang dihasilkan rendah.
biasanya band yang memakai teknik ini bergenre death metal dan deathcore, contohnya : carnifex, the black dahlia murder, suffocation, dll.
3. Grunt
Untuk teknik teriakan yang satu ini berbeda dengan scream dan growl karena grunt hanya perlu menghisap udara bukan mengeluarkan, jadi mengeluarkan efek dengkuran. teknik ini mudah dipelajari karena kita dapat menghasilkan suara dengkuran meskipun berbicara rendah.
band yang memakai suara ini cukup banyak terutama underground, seperti ; amon amarth, cannibal corpse, deceprit birth, waking the cadaver, dan lain-lain.
4. Pig Squeals
Teknik ini hampir sama dengan grunt karena beteriak dengan menghisap udara namun efek suara yang dihasilkan berbeda. pada pigsqueals suara lebih melengking terdengar seperti pekikan babi, namun agak sedikit santai.
Caranya cukup berteriak dengan menghisap udara ditambah lidah dilipat kebelakang, band yang memakai teknik ini bergenre death metal, deathcore, bahkan grindcore.
Contohnya: Job for a Cowboy, Waking the Cadaver, Guttural Secrete, dll.
5. FRY
Tenik ini juga merupakan teknik modifikasi dari SCREAM , Seperti namanya teknik ini kalo kita dengar suaranya seperti suara yang keluar dari tenggorokan yang kering.
Namun beberapa band mengungkapkan teknik ini adalah ciri dari masing-masing karakter vokal.
Band yang memakai teknik ini : karena teknik ini terbilang cukup mudah, maka cukup banyak juga band - band yang memakai teknik ini
Contohnya : Lamb of God, Cradle of Filth, Flashgod Apocalypse, dll.
6. FALSE 
Untuk teknik yang satu ini konon agak sedikit susah untuk melakukannya karena teknik ini sama halnya seperti SCREAM namun terjadi Distorsi di tenggorokan dan pelebaran bentuk mulut sehingga menghasilkan suara yang SCREAM yang tinggi namun berdistorsi. untuk mengeluarkan distorsi di tenggorokan ada cara -caranya :
a. cobalah berkata "Heahhh" tapi cara pengeluarannya adalah seperti saat kita berkata "Ehemm - Ehemm" yang menyebabkan tenggorokan kita seperti bergetar
b. coba lakukan langkah pertama itu dengan tambahan SCREAM
c. lalu untuk membuat suaranya menjadi tinggi, mainkan bentuk mulut anda. seperti halnya kalau ingin semakin tinggi kita harus lebarkan mulut kita
Untuk anda yang ingin belajar teknik yang satu ini. sering seringlah mendengarkan lagu - lagu dari band yang memakai teknik ini, dari sana pasti anda akan menemukan letak penting dari teknik FALSE ini.
Band yang memakai teknik ini : Banyak yang menyangka teknik ini rumit sehingga kurang begitu banyak yang memakai teknik ini, teknik teknik seperti ini banyak di temukan di Band Band yang Beraliran Deathcore, Grindcore, Deathmetal.
Contohnya ; Children of Bodom, Suicide Silence, Chelsea Grin, Napalm Death, dll.
7. DEATH 
Teknik Scream satu ini adalah suatu bentuk scream yang sangat melengking sehingga kadang kadang terdengar seperti suara falsetto. teknik ini dasarnya adalah dari basic suara orang itu sendiri. Kalau dari basic suaranya lebih tinggi akan lebih memudahkan untuk memelajari teknik ini.
Scream ini menurut saya cara melakukannya adalah dari 3 tahap :
1. Keluarkan Suara yang yang bernyanyi yang tinggi
2. Kemudian Suara itu kita buat menjadi Falsetto
3. Dan Tambahkan sedikit distorsi seperti halnya kita melakukan Scream False
Band yang memakai teknik ini : Teknik ini terbilang jarang digunakan karena kesulitannya yang sangat tinggi. Saya hanya menemukan 1 Band Saja yang memakai Teknik ini.
Contohnya : Cradle of Filth (mungkin banyak band band Black Metal lainnya yang memakai teknik ini tentunya dengan nuansa setan dan anti christ yang sangat kental ) 
8. HARSH
Vokal serak/parau, caranya seperti falsechord tapi nadanya direndahkan tapi bukan nge-growl !! 
Dan cara mengucapkan kata-kata di alunkan secara biasa tapi dengan intensitas yang berat dan parau.
contoh band :
Children of bodom, Kreator, Slayer, Lazarus A.D - revolution, Pantera, dll.

Nah itulah 8 teknik scream, dari berbagai macam scream diatas ternyata banyak juga ya.. tentunya sesuai dengan genre masing-masing band dan kreatifitas memadukan scream. bagi pemula sebaiknya harus memperhatikan kesiapan sebeum belajar teknik tersebut agar lancar. perlahan jangan dipaksakan kalau tidak bisa.

sumber: facebook, kaskus.

0 Response to "8 Jenis Scream pada Musik Cadas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel