Pesawat Tempur Super Tucano si Hiu Terbang Bertaring

pesawat jet tempur super tucano
Super Tucano (okezone)
Jatuhnya Pesawat Jet tempur milik TNI AU jatuh setelah 1 jam terbang dari landasan udara Abdulrachman Saleh, Malang, pesawat tersebut ditemukan hancur di tengah sawah. kenapa pesawat canggih tersebut bisa sampai jatuh? Seperti apa pesawat ini?

Jet tempur super tucano
Pesawat Super Tucano (militerindonesiamy)
 Bentuk desain pesawat ini tergolong unik menyerupai hewan laut 'Hiu', maka dari itu tampak seperti Hiu terbang bergigi taring. Bukan hanya tampilannya saja yang garang tapi kecanggihannya tak diragukan lagi.

Pesawat tempur EMB-314 intai-sergap serba guna buatan Embraer SA, Brasil ini datang ke Indonesia secara bertahap. Pada tahap pertama datang 4 unit pada awal September 2012.

Super Tucano merupakan pesawat terbang turbo prop bermesin tunggal yang diketahui sangat lincah dan cocok untuk operasi penyergapan dan pencegatan di darat, intelijen, patroli darat, dan maritim terbatas, dan misi militer lain, di antaranya pengeboman dan sabotase.


Kecanggihan lain Super Tucano memiliki kemampuan menempuh operasi jarak jauh karena dilengkapi mesin berkuatan 1.196 kW jenis Hartzell 5-blade dan Pratt & Whitney Canada PT6A-68C turbo prop. Dengan mesin tersebut, Super Tucano mampu melesat hingga 590 km per jam hingga jarak 1.330 km.

 Dan yang membanggkannya lagi pesawat ini juga mampu menampung 7 jenis senapan mesin, yakni 2 unit senapan mesin FN Herstal M3P kaliber 12,7 mm jenis di bagian sayap, 1 unit kanon GIAT M20A1 kaliber 20 mm di badan pesawat, senapan mesin FN Herstal HMP kaliber 12,7 mm, dan 4 minigun Dillon Aero M134 kaliber 7,62 mm. 

Masing-masing sayap mampu membawa 4 unit roket berkaliber 70 mm yang bisa digunakan untuk pertempuran udara atau menembak target di darat. Tak hanya itu, Super Tucano juga bisa membawa bom dalam misi-misi tertentu. 

Super Tucano menggunakan sistem avionik MIL-STD-1553 seperti yang digunakan jet tempur AS modern lainnya, seperti F-16 Falcon, F-18 Hornet, AH-64 Apache, P-3C Orion, F-15 Eagle and F-20 Tigershark, serta sistem pengelihatan malam berupa NVG ANVIS-9. (liputan6)

0 Response to "Pesawat Tempur Super Tucano si Hiu Terbang Bertaring"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel