Apa itu Deep Web, Kaya akan konten tapi Berbahaya bila di akses

deep web adalah
Dunia maya tentunya internet yang selama ini kita kenal ternyata memiliki sisi gelap yang tak di sangka-sangka, bagi orang biasa tentu kita familiar dengan situs-situs yang dapat dicari melalui mesin pencari seperti google, bing, yahoo, duduckgo, dll. Tapi ada juga loh situs yang sangat tersembunyi.

Sebelum jauh kita ketahui dulu apa itu istilah Deep Web (invisible web, deepnet, hidden web atau undernet), bila yang kita biasa selancar disebut surface web maka ini kebalikannya. Deep web sendiri merupakan jaringan yang sangat sulit diakses dan memerlukan perangkat khusus yang berbeda dengan darknet namun sejenis yaitu "tersembunyi".

Data yang yang termasuk deep web sendiri termasuk kaya akan konten rahasia, 93% berada di deep web, dibandingkan dengan yang kebanyakan orang akses selama ini tak sampai 2% saja.

Konten apa saja yang ada di Deep web?
Keberadaannya yang tersembunyi membuat hampir semua konten deep web juga termasuk ilegal, seperti penelitian rahasia, rahasia negara, jual beli narkoba, terorisme, intelijen, tentang hacking, dan konten terlarang lainnya.

Cara Agar Aman dari Deep Web
Sebenarnya tidak perlu kita mengakses situs tersebut karena memang berbahaya dan berbagai virus disisipi, tapi bila kita sudah terlanjur masuk kesitu.

Sebaiknya tidak melakukan aktivitas apapun seperti mengunduh konten, melakukan registrasi, mengklik link sembarangan. bila tidak melakukan hal-hal tersebut sih tidak masalah asal kita pintar mengakses secara anonim.

Salah satu software yang bisa mengakses situs deep web yaitu The Onion Router atau sering disingkat TOR adalah satu diantara perangkat lunak yang sering digunakan untuk memasuki jaringan ini. Prinsip kerja perangkat lunak ini secara sederhana adalah menyembunyikan identitas dan sinyal akses dengan cara mengalihkan ke ribuan server di seluruh dunia. Sehingga sangat sulit bagi pihak berwajib untuk mendeteksi. Halaman yang berguna sebagai ‘pintu’ untuk memasuki jaraingan ini biasanya beralamat di situs dengan berkahiran .onion yang juga hanya bisa diakses dengan browser tertentu.

Hanya orang tertentu yang bisa mengakses DEEP WEB
Dengan konten-konten yang tersembunyi itu hanya sebagian orang saja yang bisa masuk lebih dalam di dunia deep web, biasanya diperuntukan di kalangan dinas rahasia, intelijen, hacker, black market, terorisme, oposisi, dan forum-forum khusus lainnya. 

Sebagai sisi gelap dalam dunia internet sebaiknya bagi kamu yang masih awam untuk menghindari segala bentuk situs-situs tersebut, selain berbahaya untuk identitasmu dan juga data-data yang ada di PC atau laptopmu.

1 Response to "Apa itu Deep Web, Kaya akan konten tapi Berbahaya bila di akses"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel