Inilah Koin Perak Bernilai Mahal dan Langka


koin perak langka amerika
Pada pameran di London, Inggris (UK) terdapat koin langka yang terbuat dari perak, koin seharga 10 juta dollar AS ini ternyata ukurannya hanya 4 centimeter.

Fantastisnya koin ini telah di beli oleh seorang kolektor seharga  US$ 10 juta dollar atau setara Rp 130,9 miliyar. jika mengacu pada nilai perak sekarang koin ini hanya senilai US$ 12, karena kelangkaannya benda ini masuk kategori langka dan bernilai budaya.

Ahli sejarah berpendapat ini adalah uang dollar pertama yang dibuat Amerika Serikat, Hal ini berarti presiden AS George Washington yang memeriksanya.

Koin ini termasuk salah satu dari 1758 koin yang dibuat pada 15 oktober 1794 di Philadelphia Mint. salah satu sisi koin tersebut menampilkan wajah Liberty dalam rambut panjang dan dikelilingi 15 bintang mewakili jumlah negara bagian AS kala itu. Sisi sebaliknya merupakan gambar elang dengan sayap terbuka dan dikelilingin karangan bunga.

Kondisinya yang masih baik dan kualitas tertinggi membuat penilai koin dari AS telah mengevaluasinya dan memberi nilai 66 dalan skala satu sampai 70.

Sebelum merdeka, AS awalnya bergantung pada mata uang Spanyol. Pada 1792, Kongres AS mendirikan Mint untuk memproduksi koin nasional. Pada tahun 1793 koin tembaga pertama diproduksi, baru setahun setelahnya koin perak ini dibuat.

0 Response to "Inilah Koin Perak Bernilai Mahal dan Langka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel