Karena Typo, Hacker Gagal Curi 870 Juta Dollar AS

hacker bobol bank
Kisah unik terjadi di dunia hacking, salah satunya karena typo alias salah ketik. hanya karena salah satu huruf saja bisa fatal.

Sekelompok hacker pembobol bank pada februari lalu, para hacker tersebut membobol jalur maya bank sentral Bangladesh. Saat mereka mulai mentransfer uang ke rekening-rekening penampung di Filipina dan Sri Langka.

Kesialan terjadi buat mereka, dari 1 miliyar dollar dollar AS yang rencana bakal di transfer, sebesar 870 juta dollar AS atau lebih dari 11 triliun rupiah berhasil dicegah pihak berwenang.

Dikarenakan hanya typo sederhana, ketika saat memindahkan ke sebuah yayasan bernama Shalika Foundation dana sebesar 20 juta dollar AS. Para hacker tersebut rupanya salah ketik dari "foundation" jadi "fandation".

Tak hayal kesalahan tersebut membuat staf Deutsche curiga dan segera mengontak otoritas di Bangladesh untk segera mengklarifikasi.

Pihak berwenang di New York juga turut curiga atas aliran transfer yang begitu besar mengarah ke rekening perorangan. Sejumlah transaksi berhasil di blokir dan uang 870 juta dollar AS berhasil di selamatkan.

Namun uang sebesar 81 juta dollar AS berhasil di bawa kabur para hacker tersebut, hingga kini identitasnya belum berhasil terungkap.

0 Response to "Karena Typo, Hacker Gagal Curi 870 Juta Dollar AS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel