9 Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak

cara mengatasi anak yang kecanduan game
(gambar: infografis sahabat keluarga kemendikbud)
Game atau Permainan digital memang marak akhir-akhir ini, berbagai jenis bermunculan mulai yang menyenangkan, game online, konflik, balapan, endless run, tembak-tembakan, tebak-tebakan, teka-teki dan lainnya.

Anak pun ikut berdampak mengenal dan memainkannya, padahal belum tahu game tersebut membuat efek baik atau justru buruk bagi tumbuh kembangnya kelak. Game membuat anak-anak jadi sibuk sendiri hingga lupa waktu dan belajar.

Pertanyaannya kenapa anak-anak usia belia hingga remaja bisa sampai kecanduan game, itu karena gim yang dimainkan memang mengasyikkan dan memiliki efek candu layaknya obat-obatan terlarang. Hal tersebut banyak dikeluhkan oleh orangtua masa kini bahwa anak seperti hanya berfokus pada satu hal saja.

Berikut beberapa tips dari dananggreen cara mengatasi kecanduan bermain game pada anak :
  1. Orangtua perlu menyusun jadwal rutinitas anak, seperti waktu makan siang pada jam 11 keatas, waktu-waktu beribadah (sholat), waktu belajar.
  2. Letakkan game seperti playstation, pc, xbox atau game yang dimainkan ditempat pada luar kamar, bisa di ruang keluarga.
  3. Orangtua perlu tegas membatasi waktu bermain game pada anak, ganti dengan quality time bersama keluarga tanpa HP dan gadget.
  4. Jangan perkenalkan game pada anak di usia dibawah 8 tahun, bila dimungkinkan perkenalkan saja permainan yang edukatif karena disisi lain itu perlu.
  5. Ganti game yang berbentuk digital dengan permainan fisik, seperti lego, bongkar pasang, puzzle gambar dan lainnya.
  6. Jauhkan anak-anak dari game kekerasan,selain karena kebanyakan efek adiktif yang ditimbulkan juga bisa berbahaya untuk anak dikemudian hari. karena sifat anak yang suka meniru.
  7. Alihkan anak pada kegiatan-kegiatan agar tidak kecanduan dengan game tersebut, contohnya ikutkan anak pada kegiatan les, mengaji, ektrakulikuler olahraga, les musik dan lainnya yang lebih mendidik sekaligus mengasah bakatnya.
  8. Buatlah kesepakatan dengan anak agar berhenti bermain game, dan beri hadiah atau sesuatu jika anak sudah berhasil menjauhi dan melupakan game.
  9. Bila sudah terlanjur anak yang membandel tercandu dengan game, perlu diingatkan secara perlahan hingga supaya sembuh dari hal tersebut.
Sesungguhnya tidak semua game itu buruk, tetapi alangkah baiknya jika orangtua mampu mem filter permainan apa saja yang boleh anak anda mainkan. serta beri contoh disiplin yang baik pada anak agar ditiru.

0 Response to "9 Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel