Apa itu Satire dan Sarkas ?

satire sarkasme
Kalian pasti pernah mendengar atau membaca istilah satire dan sarkas, ya keduanya meski memiliki makna yang sama namun sebenarnya berbeda.

Biasanya kita mengetahui istilah itu dari meme atau tulisan yang kebanyakan berisi humor segar, namun tau gak sih apa arti dan perbedaan dari dua istilah tersebut.

Satire adalah gaya bahasa untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan atau seseorang. Satire biasanya disampaikan dalam bentuk ironi, sarkasme, atau parodi. Istilah ini berasal dari frasa bahasa Latin satira atau satura (campuran makanan).

Sebuah jenis humor dimana penulisnya menggunakan humor untuk mengkritik beberapa hal yang ada di masyarakat. Penyampaiannya bisa keras atau lembut, tapi tujuannya selalu untuk menarik perhatian pada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki.

Contoh : Wah enak juga jadi pejabat dewan kerjanya tidur..

Sedangkan dilansir dari wikipedia, Sarkas atau sarkasme adalah suatu majas yang dimaksudkan untuk menyindir, atau menyinggung seseorang atau sesuatu. Sarkasme dapat berupa penghinaan yang mengekspresikan rasa kesal dan marah dengan menggunakan kata-kata kasar. Majas ini dapat melukai perasaan seseorang. Dalam Bahasa Indonesia, arti sarkasme berbeda dari kepercayaan banyak orang bahwa sarkasme berarti penyindiran yang menggunakan kata yang terbalik dari maksudnya, seperti ironi.

Contoh : Wajahmu putih banget ya sampe beda sama leher!


0 Response to "Apa itu Satire dan Sarkas ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel