Inilah 6 Manfaat Susu Kuda Liar

manfaat susu kuda liar
Pernah mencoba susu kuda liar ? atau pernah mendengar istilah tersebut, minuman susu kuda liar sempat populer di awal tahun 2000-an. di media, koran, radio semuanya terdapat promosi yang berkaitan dengan produk ini.

Susu Kuda liar merupakan minuman sajian dari Sumbawa dan Jawa Timur serta daerah timur lainnya, jenis susu ini bisa dibilang paling menyehatkan dibandingkan susu sapi tapi masih sedikit yang menyukai nya kemungkinan karena tidak berani atau tidak ada di daerahnya.

Dari segi rasa, susu ini sama seperti susu seperti pada umumnya bila susu tersebut baru di perah. berbeda dengan susu yang di fermentasi rasanya agak sedikit asam dan asing di lidah namun dibalik rasanya itu terdapa banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Harga nya untuk sebotol susu kuda liar dari 70.000 - 200.000 rupiah memang terbilang mahal karena tidak banyak rumah produksi perah susu kuda di Indonesia dan tidak banyak kuda liar yang diternak oleh masyarakat.

Berikut beberapa manfaat Susu Kuda Liar :

1. Melancarkan Pencernaan
Bila kalian memiliki masalah terkait pencernaan patut mencoba susu ini, karena sudah lama produk ini dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan infeksi usus. susu kuda liar memiliki kandungan lysozyme dan lactoferrin yang bisa membatasi dan menahan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan di usus.

Perlu diketahui, lysozyme adalah enzim yang bertindak sebagai agen antimikroba. Sedangkan laktoferrin adalah zat yang memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiperadangan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nah, kandungan tersebutlah yang membuat susu kuda liar bisa bertindak sebagai probiotik karena dapat mempromosikan pertumbuhan bakteri baik, seperti lactobacillus plantarum dan lactobacillus salivarius.

2. Kalsium Tinggi
Bagi anak kecil dan remaja kebutuhan akan kalsium merupakan hal yang penting bagi tumbuh kembangnya, dikarenakan tulang dan gigi mereka memerlukan kalsium yang seimbang agar pertumbuhan maksimal dan menjaga kekuatan nya, Sedangkan bagi orang dewasa, kebutuhan kalsium penting untuk menjaga tulang dari pengeroposan dan penyakit tertentu.

3. Perawatan Kulit dan Kecantikan
Sama seperti susu kambing, salah satu manfaat susu kuda liar adalah untuk perawatan kulit. Hal ini dikarenakan susu kuda liar memiliki khasiat sebagai pelembap alami yang bisa membantu meregenerasi kulit dan memperlambat penuaan dini karena kandung kandungan laktoferrin di dalamnya.

Tidak hanya itu, susu kuda juga bermanfaat untuk merawat dan mencegah kulit berjerawat karena komponen anti bakteri yang terkandung di dalamnya. Beberapa penelitian juga mengungkapkan jika kuda liar mampu membantu penyembuhan beberapa masalah kulit seperti eczema, psoriasis, atau neurodermatitis.

4. Rendah kalori
Diketahui dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori ketimbang susu sapi yang sebesar 64 kalori. Sehingga orang tidak perlu takut cepat gemuk jika mengkonsumsi susu ini. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh tunggal yang dikandungnya berkontribusi untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh sehingga baik untuk mengontrol kadar kolesterol.

5. Pengganti Alergi Susu Sapi
Susu kuda liar mengandung protein kasein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi. Kandungan kasein yang lebih sedikit ini membuat susu kuda liar mudah dicerna dibanding dengan susu sapi. Inilah yang menjadi alasan kenapa susu kuda liar bisa dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa yang kesulitan mencerna susu sapi (intoleransi laktosa) maupun yang alergi susu sapi.

Kualitas protein susu kuda liar juga lebih baik dibandingkan dengan susu sapi karena susu kuda liar memiliki jenis asam amino yang lebih lengkap dibandingkan susu sapi.

6. Kandungan Gizi melebihi ASI
Susu kuda liar adalah susu hewan yang memiliki nilai gizi paling mirip dengan ASI manusia. ASI merupakan cairan mengandung sederet vitamin dan mineral penting bagi tubuh bayi, mulai dari protein (whey dan kasein), asam lemak (omega-3 dan omega-6), karnitin, vitamin (A, C, D, E, dan K; serta riboflavin, niasin, dan asam panthothenic), hingga karbohidrat.

Bila untuk pria dewasa untuk merawat kesuburan, Dahulu banyak rumah sakit bersalin di Perancis yang menggunakan susu kuda sebagai pengganti ASI untuk meningkatkan kekuatan dan kekebalan bagi bayi baru lahir, terutama yang lahir prematur. Namun, penggunaan susu kuda sebagai pengganti ASI ini berkurang setelah perang dunia kedua selesai.

Nah itulah beberapa manfat penting susu kuda liar bagi tubuh, jangan ragu untuk mencobanya bila ingin merasakan khasiatnya secara langsung yang membuat tubuh segar bugar dan juga sehat.

0 Response to "Inilah 6 Manfaat Susu Kuda Liar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel