Sejarah dan Visi-Misi FKIP Unila

fkip unila
A. Sejarah Singkat FKIP Universitas Lampung
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung berawal dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Jakarta cabang Tanjungkarang, kuliah pertama dimulai pada tahun ajaran 1966/1967. Berdasarkan keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 1968, IKIP Jakarta cabang Tanjungkarang diintegrasikan ke dalam Universitas Lampung menjadi 2 (dua) fakultas, yaitu Fakultas Keguruan (FK) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Fakultas Keguruan terdiri dari jurusan Pendidikan civic Hukum, Pendidikan Ekonomi Perusahaan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Matematika. Sedangkan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) hanya satu jurusan yaitu jurusan Pendidikan Umum. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 1980 dengan Keputusan Presiden Nomor 43/M/1982, Fakultas Keguruan (FK) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) digabung menjadi satu fakultas, diberi nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila).

B. VISI, MISI dan Tujuan

1. Visi FKIP Unila

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni telah memengaruhi peradaban manusia, menuntut tenaga kependidikan agar responsif dan adaptif. Oleh karena itu, tenaga kependidikan yang dihasilkan dan dikembangkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) harus memiliki kemampuan berpikir kritis dan bertindak cerdas (smart). Sehubungan dengan tuntutan tersebut, maka visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung adalah :

“Pada tahun 2021 menjadi LPTK inspiratif, progresif yang professional, dan bermartabat”.

Visi yang inspiratif yaitu memberi peluang kepada semua civitas akademika FKIP untuk mengembangkan gagasan baru (inovasi) baik dalam bidang pembelajaran, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.  Visi progresif yang profesional yaitu dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi diharapkan mengalami kemajuan/peningkatan baik secara kuantitas ataupun kualitas.  Visi yang bermartabat maksudnya segala bentuk kegiatan yang dilakukan harus berdasarkan kode etik atau norma/nilai yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.


2. Misi FKIP Unila

1. Menyelenggarakan pembelajaran dan pembimbingan yang mendidik guna menghasilkan ulusan yang memiliki ide baru untuk menhasilkan karya inovatif bidang pendidikan berlandaskan budaya akademik dan nilai-nilai karakter bangsa.
2. Mewujudkan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui penelitian untuk meningkatkan kemajuan kualitas pembelajaran dan pembimbingan serta menghasilkan produk-produk ilmiah yang terkini.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat khususnya pada bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan pada umumnya.

3. Tujuan FKIP Unila

Menghasilkan lulusan yang bermartabat dan mempunyai ide-ide baru dan karya yang inovatif dalam bidang pendidikan berdasar pada nilai karakter bangsa, dan profesional pada bidangnya.
Menghasilkan produk-produk ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui kegiatan pendidikan.
Menginternalisasikan produk-produk ilmiah dalam bidang pendidikan kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan dan taraf hidup masyarakat.

sumber referensi: Panduan Penyelenggaraan Program Sarjana FKIP Universitas Lampung.2014

0 Response to "Sejarah dan Visi-Misi FKIP Unila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel