7 Kegiatan Mengisi Waktu Luang di Bulan Ramadhan

Kegiatan Mengisi Waktu Luang di Bulan Ramadhan
Bulan Ramdhan sebentar lagi, namun kehadirannya sudah menggema jauh sebelum kedatangannya. Bulan yang dinanti oleh setiap umat Islam yang merindukan datangnya bulan dengan ribuan pahala dan kebaikan dariNya.

Kapan bulan Ramdhan pada tahun 2019 ini? menurut perhitungan bulan hijriah diperkirakan akan jatuh pada tanggal 5-6 mei 2019. Namun untuk kepastiannya kita harus menunggu sidang isbat seperti di negara-negara Islam lainnya.

Banyak hadist dan juga ayat AlQur'an yang menyebutkan janji Allah mengenai kebaikan-kebaikan dan pahala di bulan Ramadhan bagi siapa yang menjalankan ibadah puasa dan ibadah wajib maupun sunnah nya akan dilipat gandakan hingga ribuan kali dan di bulan ini merupakan kesempatan untuk umat Islam untuk bertaubat dan beribadah kebaikan.

Oke langsung saja berikut tips kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang dibulan Ramadan / Puasa agar tidak menyebabkan batal dan kuat sampai magrib :

1. Mengaji atau Khataman Qur'an
Ini perlu dilakukan karena mengaji merupakan kegiatan yang berpahala bila dilakukan, sebaiknya dengan suara lirih agar tenggorokan tidak kering yang malah akan mengganggu puasa kalian.

2. Tidur
Tentu kita pernah mendengar sebuah pepatah yang menyebutkan bahwa tidurnya orang berpuasa adalah berpahala,  Sebagaimana para ulama biasa menjelaskan suatu kaedah bahwa setiap amalan yang statusnya mubah (seperti makan, tidur dan berhubungan suami istri) bisa mendapatkan pahala dan bernilai ibadah apabila diniatkan untuk melakukan ibadah. Sebagaimana An Nawawi dalam Syarh Muslim (6/16) mengatakan,

أَنَّ الْمُبَاح إِذَا قَصَدَ بِهِ وَجْه اللَّه تَعَالَى صَارَ طَاعَة ، وَيُثَاب عَلَيْهِ
“Sesungguhnya perbuatan mubah, jika dimaksudkan dengannya untuk mengharapkan wajah Allah Ta’ala, maka dia akan berubah menjadi suatu ketaatan dan akan mendapatkan balasan (ganjaran).”

3. Tingkatkan Ibadah Sunnah
Bila kalian memiliki waktu luang atau senggang sebaiknya di isi dengan sebuah amalan atau ibadah yang bersifat sunnah, bila perlu ditingkatkan lagi jika sebelumnya sudah menjalankannya.

4. Berkarya
Daripada waktu kalian terbuang secara percuma lebih baik melakukan sebuah kegiatan yang ada manfaatnya bahkan bisa menghasilkan, contohnya bila kalian sedang berjualan atau berbisnis sesuatu ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan income anda dengan membuat sebuah karya sesuai bulan Ramadan.

5. Bermain Game
Tidak ada salahnya kalian mengisi waktu pada saat berpuasa dengan bermain game, daripada melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Tapi sebaiknya juga ingat waktu ya jangan sampai lupa ibadah jika sudah tiba waktunya.

6. Membuat Bisnis Baru
Jadikanlah datangnya bulan Puasa sebagai peluang untuk memulai ataupun melanjutkan bisnis yang sudah dijalankan, contohnya membuat takjil untuk berbuka puasa merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan.

7. Belajar
Mengisi waktu luang dibulan ramadan isi lah dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti membaca buku, mengikuti kajian-kajian ceramah, mengikuti pengajian rutin, dan lainnya.

Nah itulah beberapa rekomendasi kegiatan untuk bisa mengisi waktu luang di bulan ramadhan, daripada di isi dengan hal-hal yang dapat membatalkan puasa atau kegiatan yang dapat mengurangi pahala puasa.

0 Response to "7 Kegiatan Mengisi Waktu Luang di Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel